Kue Padamaran dari Jambi yang Hanya Ada Saat Bulan Ramadan

Kue Padamaran dari Jambi yang Hanya Ada Saat Bulan Ramadan

Kue Padamaran dari Jambi

Rajakamisatu, Jambi – Kue yang hijau cantik ini cuma berada di bln. ramadan. Teksturnya lembut dengan rasa manis, pas di nikmati jadi hidangan berbuka puasa.

Struktur kue ini kenyal lembut seperti bubur. Memiliki bentuk kecil cocok buat hidangan buka puasa. Kue Padamaran ini berada di Negeri Sepucuk Jambi Sembilan Lurah, Propinsi Jambi. Termasuk kue unik yang cuma ada waktu dibulan ramadan tiba. Mempunyai citarasa yang begitu manis, kue Padamaran sudah jadi menu pilihan orang-orang Jambi waktu bln. puasa.

Mencari kue ini juga begitu gampang, di bln. Ramadan, tiap-tiap beberapa pedagang takjil senantiasa sediakan camilan ini jadi menu andalan mereka. Terkecuali kue Padamaran, ada pula kue Muso yang ada cuma di bln. ramadan.

Kue Padamaran dari Jambi

Ke-2 camilan itu begitu susah untuk diketemukan pada hari-hari umum, bahkan juga tidak sering sekali di jual.

Terkecuali dipesan dalam acara-acara kebiasaan ataupun acara keagamaan. Karna kue ini termasuk kue yang cepat basi.

Di pasar beduk yang ada di Jalan Sumantri Bojonegoro, Kelurahan Simpang III Sipin, Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi beberapa pedagang takjil rata-rata senantiasa sediakan takjil. Termasuk juga kue Padamaran serta kue Muso.

Menurut mereka, camilan ciri khas asli Jambi itu begitu laku dan jadi menu pilihan paling utama orang-orang Jambi dalam pilih takjil untuk berbuka puasa.

” Kue Padamaran serta kue Muso ini susah diperoleh bila pada hari umum, serta terkadang begitu tidak sempat ada diketemukan, terkecuali pada bln. puasa. Atau pada acara-acara kebiasaan dan acara keagamaan saja, maka dari itu laku, ” tutur Ani pedagang takjil pada Detik. com, Minggu (20/5/2018)

Kue Padamaran dari Jambi

Menurut Ani, di bln. puasa peminat kue Padamaran serta kue Muso bertambah. Ini karna kue yang serupa bur teksturnya ini dibagian bawahnya ada gula merah cair. Warna hijaunya datang dari daun pandan serta suji hingga begitu wangi. Harga nya juga cukup terjangkau, satu buah kue Padamaran serta kue Muso adalah 1. 500 rupiah saja.

Sistem membuatnya cukup lama tapi ke-2 kue ini jadi primadona, hidangan harus waktu berbuka puasa di Jambi. ” Bila saat ini di bln. senang, saya rasa semuanya pedagang takjil yang berada di Jambi ini mungkin saja menjualnya, karna ini memanglah jadi makanan ciri khas ramadan untuk orang-orang Jambi, ” papar Ani.

Namun siapa kira, di balik kesenangan serta kekhasan yang berada di kue Padamaran serta kue Muso itu, beberapa pengrajin camilan ini telah mulai menyusut.

Ibu Absah umpamanya, ia yaitu satu diantara pengrajin camilan ciri khas Jambi itu yang masih tetap bertahan.

Kue Padamaran dari Jambi

Di tempat tinggalnya yang ada di lokasi RT 07, Kelurahan Payo Lebar, Kecamatan Jelutung Kota Jambi, Absah senantiasa kebanjiran pesanan waktu bln. puasa tiba. ” Saya telah nyaris 20 th. lamanya buat kue tradisionil ini, walaupun sistem buatnya cukup termasuk gampang.

Namun kue Padamaran serta kue Muso memanglah banyak didapati waktu ramadan saja, ‘ katanya waktu didapati detikcom dikediamanya.

Baginya, bln. ramadan ini, mempunyai barokah sendiri. Dalam satu hari ia bisa buat sejumlah 500 jumlah sampai 1000 jumlah kue Padamaran serta kue Muso bergantung pesanan.

” Ya bila buatnya pada hari umum tidak sering, kadang-kadang bila ada pesanan buat acara-acara kebiasaan saja atau acara keagamaan, baru kita buat. Namun bila bln. ramadan ini, pemesanannya begitu banyak, ” tuturnya ”Omset satu hari bila bln. ramadan sich dapat sampai juta-an bergantung pesanan juga ” papar Absah

Beberapa bahan untuk buat kue Padamaran serta kue Muso terbagi dalam tepung beras, santan kelapa murni baik kental ataupun encer, lalu gula merah, air perasan daun pandan, garam. Sesaat daun pisang digunakan untuk mangkuk atau takir kue yang harum serta legit ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *